Apa itu Administrasi Perkantoran

Apa itu Administrasi Perkantoran

Definisi menurut para ahli bahwa administrasi perkantoran merupakan cabang ilmu manajemen yang berbicara pada pelaksanaan pekerjaan dalam perkantoran secara efisien maksudnya dimana dan kapan  pekerja itu harus dilakukan/dikerjakan. menurut Mills (2001:4) adalah bagian dari proses management yang berhubungan dengan institusi dan pelaksanan prosedur yang digunakn untuk menentukan dan mengkomunikasikan program dan perkembangan kegiatan diatur/dicek berdasarkan target & rencana.

dapat kita simpulkan  pengertian administrasi perkantoran adalah suatu rangkaian aktivitas dlm merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan sampai menyelenggarakan secara tertib pada pekerjaan administrasi perkantoran untuk bisa menunjang pencapaian tujuan sebuah organisasi yang dijalani.

adapun fungsi–fungsi administrasi perkantoran antara lain :

  1. fungsi analis :adalah fungsi yang membutuhkan pemikiran yang kritis dan kreatif disertai dengan kemampuan untuk mengambil keputusan, contohnya: analisis laporan.
  2. fungsi interpersonal : adalah fungsi yang membutuhkan penilaian dan analisis menjadi dasar dalam pengambilan keputusan, for example: mengkordinasikan tim proyek.
  3. manajerial : adalah fungsi yang memerlukan perencanaan, pengorganisasi, pengukuran and then pemotivasian. Seperti: pembuatan anggaran.
  4. fungsi rutin :  adalah fungsi yang memerlukan pemikiran minimal yg mencakup penggandaan, pengarsipan dll. Seperti: staf administrasi bertanggung jawab atas kegiatan sehari-hari.
  5. fungsi teknis : fungsi yang membutuhkan pendapat, keputusan dan keterampilan perkantoran yang memadai.  Misalnya: paham/tahu penggunaan software.

kita juga perlu mengetahui beberapa tujuan dari administrasi perkantoran ialah :

  1. making report yang berkaitan dengan aktivitas contohnya pengajia dan produksi.
  2. memberikan karyawan sebuah bimbingan dalam menangani persoalan yang sulit.
  3. melakukan pengawasan terhadap segala pekerjaan kantor dan administrasi.
  4. mengatasi segala keluahan pelanggan tentang prosedur/kebijakan.
rujukan : http://info.diklat.org/bimtek-diklat-administrasi-perkantoran/

Comments

Popular Posts

Pendaftaran Siswa Baru SMK N 1 Bantul

Daftar Peserta Diklat Kurikulum 2013 Bhs Inggris 2 tpk SMK N 1 Bantul

KETENTUAN PPDB ONLINE 2018

Indonesia Butuh Lebih Banyak Doktor

Web Baru SMK N 1 Bantul